Skip to content

Jalan Canggih Artificial Intelligence Bagi Pertumbuhan Bisnis UMKM

Artificial Intelligence (AI) menjadi fenomena baru dalam beberapa tahun terakhir. AI dimanfaatkan secara luas dalam berbagai sektor, tak terkecuali sektor bisnis, besar maupun kecil (UMKM). Pertanyaan sederhananya adalah, apa itu artificial intelligence? Apa kegunaan artificial intelligence bagi UMKM? Dan, bagaimana tips memanfaatkan AI untuk kembangkan UMKM secara optimal dan aman?

Dua tahun lalu, saya pernah menjadi staff marketing sebuah UMKM di Brebes. UKM ini mengolah produk berbasis kearifan lokal yakni bawang merah dan terasi menjadi produk sambal dalam kemasan atau siwang.

Bisa dibilang, saya adalah rekrutan pertama sehingga mengikuti betul suka duka UMKM milik pasangan keluarga korban PHK karena covid-19 yang berdarah-darah saat itu, 

Selama itu pula saya memahami bahwa menjalankan bisnis UMKM ternyata bukan perkara mudah. Bagaimana tidak, ada begitu banyak problematika yang dihadapi mulai dari keterbatasan modal, manajemen amburadul hingga kualitas sumber daya manusia yang rendah. 

Problem berat lain yang dihadapi adalah keterbatasan dalam mengakses pasar meskipun produk UMKM sudah berkualitas serta memiliki segala legalitas disyaratkan mulai P-IRT, label halal MUI, dan sebagainya. 

Jangankan pasar global, untuk mengakses pasar dalam negeri saja sulitnya bukan main. UMKM harus “bertarung” dengan produk-produk industri yang notabene sudah memiliki branding serta basik pasar yang kuat di masyarakat. 

Mau tak mau, sulit untuk tidak mengatakan bahwa banyak UMKM akhirnya hidup bak zombie. Mereka berada pada kondisi hidup segan mati pun tak mau.

Tak ingin tumbang sebelum berkembang, saya mengusulkan kepada manajemen untuk mencoba menjalankan pola digital marketing, yakni pemasaran produk menggunakan tool dan instrumen digital. 

Apa yang dilakukan saat itu adalah mengoptimalkan media sosial dan e-commerce. Selanjutnya secara bertahap adalah membuat website usaha, melakukan SEO, email marketing, dan memasang iklan berbayar di beberapa platform digital. 

Untuk kendala modal, owner berupaya mendapatkan akses permodalan UMKM melalui plaftorm digital terpercaya yang memberikan pinjaman UMKM tanpa modal serta berupaya mendapatkan bimbingan dan bantuan peralatan produksi dari pemerintah melalui dinas terkait.

Dalam kurun waktu setahun, omset terus membaik. Produk siwang juga mendapat kesempatan mengikuti berbagai pamaren yang difasilitasi pemerintah. Bahkan, didorong untuk masuk pasar Malaysia dan Brunei Darussalam bersama produk UMKM lain.

Informasi yang saya terima, manajemen sudah memiliki team digital marketing yang terus dioptimalkan. Selain itu managemen juga telah memanfatkan AI (Artificial Intelligence) dalam lingkung kecil untuk perkembangan usaha seperti untuk konten promosi, copy writng, dan sebagainya. 

Jalan Canggih Teknologi

3 (tiga) Kegunaan Artificial Intelligence Bagi UMKM

Belakangan ini dunia digital memang tengah diramaikan dengan hadirnya teknologi AI (artificial intelligence) yang dimanfaatkan secara luas dalam berbagai sektor, lebih-lebih sektor bsinis. Apa itu?

Secara umum, AI merupakan teknologi program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia. 

Dengan kata lain, teknologi yang awalnya dikenalkan oleh Ilmuwan Komputer bernama Professor John McCarthy di tahun 1956 ini memungkinkan sistem dapat berfikir dan bertindak, termasuk memiliki kemampuan mengambil keputusan, logika, dan berinteraksi dengan manusia. 

Saat ini teknologi AI ini terdiri dari berbagai metode seperti deep learning, machine learning, voice and face recognition, dan lain sebagainya yang mampu mengidentifikasi, mempelajari, dan mengambil tindakan berdasarkan interaksi dan data yang diperintahkan.   

Teknologi AI memberikan banyak manfaat bagi bisnis secara keseluruhan, termasuk membuka potensi untuk meningkatkan daya saing bagi usaha kecil (UMKM). 

Berikut adalah 3 (tiga) manfaat AI bagi bisnis dan UMKM?

Otomatiisasi dan Efisiensi

Teknologi AI memungkinkan UMKM melakukan otomatisasi operasional usaha yang berdampak pada efisiensi. Misalnya saja penggunaan teknologi chatbot yang mampu menjawab berbagai pertanyaan pelanggan hingga mengelola komentar. Dengan teknologi ini, pelanggan dilayani kebutuhanya dengan cepat dan efisien.

Memperluas Jangkauan Pasar

AI menggunakan algoritma unik yang mampu menampilkan analisis yang spesifik dan komprehensif dari big data di jaringan. Data yang disajikan memudahkan UMKM menyusun program penjualan, membuat konten promosi yang kreatif dan efektif serta strategi lainnya berdasarkan isu marketing terkini untuk membidik pasar yang lebih luas.

Memudahkan Akses Permodalan

Kegunaan artificial intelligence lebih khusus adalah teknologi AI Credit Scoring membantu pelaku bisnis mengetahui skor kredit yang dimilikinya. Skor kredit ini memudahkan mendapatkan akses permodalan UMKM untuk mengembangkan usaha.
kegunaan AI

Anotasi singkat tentang

Teknologi AI Credit Scoring (Skor Kredit)

Salah satu persyaratan untuk mengajukan permohonan modal usaha adalah credit score (skor kredit).

Credit score adalah penilaian kelayakan yang menjadi dasar pertimbangan bagi lembaga pembiayaan sebelum menyalurkan dana pinjaman ke peminjam. Apa manfaatnya?

Bagi lembaga pembiayaan, skor kredit berguna untuk menghindari potensi gagal bayar, penipuan, dan penyaluran kredit yang berlebihan. Sedangkan bagi nasabah, skor kredit mencerminkan reputasi keuangan yang berhubungan dengan tingkat kepatuhan dalam memenuhi kewajibannya.

Lembaga pembiayaan umumnya menilai kelayakan kredit berdasarkan pada prinsip 5C (character, capacity, capital, condition, collateral) dan 5P (personality, purpose, prospect, payment, party) dengan validasi identitas peminjam ke Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK)- dulu disebut BI Checking.

Sayangnya sejauh ini ini proses penentuan skor kredit cenderung eksklusif alias hanya menjangkau masyarakat atau pelaku bisnis yang telah memiliki riwayat kredit

Nah, dengan hadirnya teknologi artificial intelligence (AI Credit Scoring), proses credit scoring menjadi lebih mudah dan dapat menjangkau semua kalangan.

AI Credit Scoring adalah sistem cerdas berbasis AI (Artificial Intellegence) yang digunakan untuk menilai kelayakan atau kemampuan calon debitur terhadap pinjaman yang diajukan.  

Cara kerja AI Credit Scoring ini mendopsi machine learning yakni menggunakan kombinasi data tradisional dan alternatif yang memungkinkan bagi sistem untuk menganalisis skor kredit pengguna dengan data metrik setaraf bank secara cepat dan efisien.

Menyoal tentang kelebihan AI Credit Scorring, sistem skor kredit AI ini memiliki 4 (empat) kelebihan yakni mampu meningkatkan kualitas penilaian kelayakan pengajuan kredit, memperluas akses dan penyerapan kredit, menyajikan data yang akurat serta real-time, serta dapat pengurangi bias informasi.

Nah, salah satu lembaga pembiayaan yang mengimplementasikan teknologi skor kredit berbasis AI untuk para mitranya adalah Amartha.

Perusahaan fintech P2P lending terbaik dan terkemuka di Indonesia ini telah menggenerate layanan AI Credit Scoring dengan machine learning canggih. Layanan AI Credit Scoring Amartha tersebut bernama Ascore.ai.

Ascore.ai ini adalah layanan terbaru Amartha seperti halnya Liveness Detection, KTP-Selfie Match, dan OCR KTP.

ascore
Ascore2

Manfaat AI

5 (lima) Tips Memanfaatkan AI untuk Kembangkan UMKM

Teknologi AI sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis dalam berbagai skala termasuk untuk UMKM dengan berbagai jenis usaha. Namun, UMKM yang tidak bisa mengoperasikan AI dengan tepat tentu saja tidak akan mendapatkan manfaat secara optimal bagi pengembangan bisnisnya. Nah, berikut ini 5 (lima) tips mengoptimalkan penggunaan AI bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis UMKM;

Identifikasi kebutuhan dan Buat Skala Prioritas Pemanfaatan AI

Pelaku bisnis UMKM perlu memahami kebutuhan dan tantangan bisnis. Dari sini, UMKM dapat melihat bagaimana teknologi AI membantu usaha seperti untuk pemasaran, efisiensi operasional, analisis data, dan kebutuhan lainnya. Yang penting, pelaku bisnis UMKM perlu membuat skala prioritas apa yang paling dibutuhkan oleh bisnis sehingga memudahkan memilih teknologi AI dan turunanya yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis UMKM.

Penggunaan AI Selaras dengan Tujuan Bisnis UMKM

AI hanyalah sebuah instrumen teknologi. Oleh karena itu, penggunaannya harus mendukung tujuan bisnis UMKM itu sendiri. Penting sekali melibatkan semua pihak dalam proses integrasi dan penggunaan AI mulai dari karyawan, pelanggan, dan semua pemangku kepentingan.

Mulailah dari Hal Kecil

Bagi UMKM yang baru memanfaatkan AI dalam bisnisnya, ada baiknya memulai dari hal paling kecil lebih dahulu seperti untuk memudahkan menulis deskripsi produk, caption postingan media sosial atau analisis data pemasaran. Setelah dirasa terbiasa, barulah mulai melakukan eksplorasi dan implementasi AI dalam skala yang lebih luas.

Evaluasi Penggunaan AI

Lakukan review atau eveluasi tingkat keberhasilan pemanfaatan AI mulai dari efisiensi cost operasional, produktivitas, hingga omset. Ada baiknya juga melakukan evaluasi feedback dari pelanggan, karyawan, dan entitas yang berkaitan dengan usaha untuk memastikan bahwa pemanfaatan AI memberikan dampak positif bagi kemajuan bisnis UMKM.

Lakukan Enkripsi Data

Terapkan praktik keamanan yang baik untuk meminimalisir kemungkinan munculnya resiko yang tak terduga atas pemanfaatan AI seperti melakukan enkripsi data, autentikasi dua faktor, kebijakan akses data yang ketat, dan sebagainya.

Kesimpulan

Terlepas dari dampak negatif yang mungkin muncul, namun faktanya teknologi AI bermanfaat untuk mengembangkan bisnis UMKM. 

Pemanfaatan teknologi AI oleh UMKM memberikan berbagai manfaat dan keuntungan dalam berbagai segi seperti pemasaran, produktivitas dan efisiensi bisnis yang memiliki korelasi postif terhadap pendapatan usaha.

Dalam pemasaran misalnya, AI membantu UMKM untuk mempercantik gambar produk, membantu membuat caption dan deskripsi produk agar lebih menarik saat di posting di media sosial atau website.

Tak hanya itu, teknologi AI bahkan mampu menciptakan aset visual pemasaran bagi UMKM, misalnya dengan menggunakan Generative AI tools. 

Dalam banyak hal, teknologi AI mendorong otomatisasi pekerjaan sehingga sumber daya yang dimiliki UMKM dapat dialokasikan ke aktivitas lain yang lebih strategis. 

Selain itu, teknologi AI juga membantu pelaku bisnis UMKM dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat serta merencanakan strategi yang lebih baik bagi perkembangan bisnis UMKM

Terima kasih telah membaca artikel berjudul “Jalan Canggih Artificial Intelligence Bagi Pertumbuhan Bisnis UMKM“. Semoga bermanfaat.

dampak perubahan iklim 2
IQair 01
kualitas udara di dunia
polusi di dinOnesia webp

connect

bicycle.png

Check Out My Works.

Take a peek inside our Wonderworld

About me

Sekelumit Tentang Saya

Saya hanyalah seorang blogger pemula yang mempunyai antusias besar dalam bidang Desain Grafis Digital, Fotografi and hal-hal kreatif lainnya.

Saya hidup dalam imaginasi yang bebas. Ketika saya melihat matahari terbit, untuk sepersekian detik saya selalu ingin manifestasikannya dalam garis-garis warna yang bernilai. Dan, mungkin cocok untuk bisnis anda.

What I Do

Saya Melakukan Banyak Hal Amazing

Graphic Design

Saya mengerjakan berbagai karya desain grafis dari mulai logo, poster, leaflet, kartu nama, kemasan produk, dan berbagai material promosi yang dibutuhkan dunia usaha

Photography

Berbekal sebuah karema DSLR, saya juga meyediakan jasa fotografi untuk wedding, cover produk, food, dan untuk berbagai kegunaaan lainnya

Media Social Handling

Saya cukup banyak waktu untuk menghandel postingan berbagai media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan sebagainya bagi usaha dan institusi anda

Skill

Tools dan Skill Untuk Berproses

Photoshop 88 %
Ilustrator 85 %
Photography 92 %
Animasi 75 %
Video Editing 80 %

Jangan Ragu Menghubungi Saya